Korsel Kembangkan Robot Wanita Berperasaan

Diposting oleh Nanang Suryana | Sabtu, Desember 02, 2006 | , | 1 komentar »

Para ilmuwan Korea Selatan sedang mengembangkan robot yang lebih menyerupai manusia. Robot yang dibuat oleh Institut Teknologi Industri Korea Selatan (KITECH) ini, disebut-sebut sebagai generasi terbaru dalam pengembangan sebuah robot.

Bahkan salah seorang ilmuwan menjelaskan, robot ini dapat berjalan dan berbicara dengan lancar layaknya seorang manusia.

Sayangnya robot yang disebut sebagai "android berjalan pertama di dunia" ini, tidak dapat disaksikan dalam waktu dekat. Pasalnya masih banyak yang harus dipersiapkan android ini untuk memulai debutnya, yang diperkirakan baru akan siap dua sampai tiga tahun mendatang, demikian yang dijelaskan So Byung-Rok, salah satu ilmuwan dari KITECH.

Saat ini, tim ilmuwan telah mengembangkan dua prototype android yang berparas seorang wanita Korea berumur 20-an tahun. Android ini disertai kemampuan melakukan percakapan, melakukan kontak mata, bahkan wajahnya dapat mengekspresikan perasaan marah, sedih, dan senang.

Tipe sebelumnya yang diberi nama EveR1-Muse yang juga berparas wanita, telah diperkenalkan di acara eksibisi robot yang diadakan di Seoul, Korea Selatan bulan lalu.

Dia memulai debutnya sebagai "android penghibur pertama di dunia" dengan menyanyikan sebuah tembang lawas Korea yang berjudul "I Will Close My Eyes For You".

"Dia dapat berdiri seperti manusia, menyanyikan lagu dan menggerakkan tangannya, bahkan dapat menggoyangkan lutut serta pinggulnya dengan mengikuti alunan musik, meskipun belum dapat berjalan," ujar Byung-Rok ketika mendeskripsikan EveR1-Muse.

"Saat ini kami tengah mengupayakan untuk menambah kemampuan gerak dan kepintarannya, sehingga generasi terbaru dari android ini dapat berjalan layaknya manusia, lebih lancar dalam percakapan, dan mempunyai ekspresi yang lebih beragam,"

Artikel Terkait:

1 komentar

  1. Dwi Wahyudi // 17 Maret 2010 08.59  

    Waduh, semakin tinggi teknologi yang bisa dikembangkan membuat manusia semakin "gila" untuk membuat sebuah terobosan. Bisa jadi dimasa depan robot menikah dengan manusia kali yach? Btw, link blog mas sudah saya pasang di blog saya yach. Khusus yang pagerank tinggi saya masukkan dalam kategori Special Link. Thanks...

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.