Phishing Semakin Berkibar dengan Teknik Baru

Diposting oleh Nanang Suryana | Jumat, Desember 01, 2006 | , | 0 komentar »

Perkembangan penipuan yang dilakukan melalui dunia maya saat ini semakin menjadi-jadi. Belum lama ini, Symantec perusahaan jasa keamanan komputer dunia menyatakan, tahun 2006 merupakan tahun berkembangnya penipuan melalui internet.

Menurut laporan yang dikeluarkan Symantec, penipuan online yang termasuk didalamnya praktek phishing menjadi makin mengkhawatirkan di tahun ini, karena perkembangannya yang pesat.

Phishing merupakan aksi penipuan melalui internet yang mengandalkan situs yang dibuat persis seperti situs resmi institusi tertentu -- biasanya institusi keuangan seperti perbankan atau e-payment. Pelaku memancing korbannya lewat e-mail yang juga seakan-akan berasal dari institusi tersebut untuk mencuri identitas korban.

Symantec menuturkan selama 6 bulan pertama tahun ini, lebih dari 7 juta percobaan phishing dilakukan setiap harinya dengan menggunakan lebih dari 900 pesan unik per hari.

Padahal jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2005, Syamantec hanya mencatat 500 pesan unik yang dilakukan untuk pencurian data ini setiap harinya. Jadi kalau dihitung-hitung pertumbuhannya mencapai 80 persen.

Sementara itu, sekitar 70 persen dari praktek phishing dilakukan di negara maju salah satunya, Amerika Serikat. Symantec juga mengungkap, 9 dari 10 target phishing merupakan institusi keuangan, seperti Bank ataupun lembaga keuangan lainnya.

Dan teknik untuk pencurian data ini juga semakin beragam, saat ini para pencuri identitas dunia maya juga mengincar pengguna layanan VoIP dan SMS sebagai target mereka. Hal ini disinyalir dilakukan karena kedua layanan tersebut semakin populer di masyarakat.

Symantec juga mencoba menganalisa kapan serangan phishingmengalami penurunan. Ternyata tiga hari terakhir di akhir pekan merupakan fase menurunnya volume serangan ini, dan mereka diperkirakan kembali lagi pada hari Selasa.

Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.