Meningkatnya Mail dan Chat SPAM

Diposting oleh Nanang Suryana | Senin, Agustus 30, 2010 | | 1 komentar »

SPAM memang sangat susah sekali di bendung, karena pengirim spam banyak sekali yang menggunakan teknologi tinggi untuk menyebar spam. Adapun spam sendiri bisa memuat virus komputer ataupun iklan suatu produk.

Akhir-akhir ini peningkatan spam bukan hanya lewat email akan tetapi melalui sebuah layanan chat di Facebook. Situs jejaring sosial tersebut telah menjadi target pesan sampah alias spam ini. Kali ini sebuah spam berisikan tulisan "LOL This is you" dilaporkan telah menyebar melalui layanan Chat Facebook.

Pihak Facebook sendiri pekan ini tengah menyelidiki skema spam baru tersebut yang mengakibatkan banyak pengguna mendapatkan pesan "aneh" yang berujung dengan sebuah tautan berbahaya.

Pesan tersebut disertai link yang mengarahkan pengguna ke sebuah video di Facebook. Pengguna yang mengklik link tersebut akan diarahkan ke halaman error bertuliskan "404-Page Not found". Seketika setelah itu, spam akan menyebar secara otomatis ke beberapa teman lainnya.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa perusahaannya akan segera menangani masalah ini. Sementara spam yang sama dilaporkan juga menyerang situs mikroblogging Twitter. Pesan spam tersebut memiliki kemiripan dengan serangan phising yang pernah menyerang Twitter beberapa bulan yang lalu.

Spam email juga terjadi pada layanan email Gmail, akibatnya Google tengah sibuk melakukan aksi bersih-bersih terkait isu spamming yang dikabarkan telah menimpa sekitar 2,5 persen pengguna Gmail.

Pengguna Gmail banyak yang melaporkan email yang mereka kirimkan, terkirim balik hingga berkali-kali secara otomatis.

Akibatnya, banyak yang mengeluh inbox mereka penuh dengan spam. Beberapa pengguna bahkan mengaku akun Gmail mereka terblokir sehingga tidak bisa mengirim atau menerima email.

Laporan terkait isu spam di kalangan pengguna Gmail mulai banyak dilaporkan sejak awal pekan ini. Meski Google telah berusaha menanganinya sejak Rabu, masalah ini rupanya masih berlanjut.

Google tidak menyebutkan penyebab beberapa email terkirim berkali-kali, melainkan hanya menyebutkan bahwa pihaknya masih terus melakukan investigasi.

Selain itu, banyak juga spam yang masuk lewat Yahoo! Mail. Hal tersebut sepertinya adanya akun email teman yang kena hack virus/spammer.

Kita harus makin waspada terhadap hacking melalui pishing atau virus.

Artikel Terkait:

1 komentar

  1. Herdoni Wahyono // 30 Agustus 2010 12.52  

    Spam email semakin marak. Pemilik akun harus waspada dan hati-hati bila mendapati 'hal yang aneh'. Kita harus mengenali 'ancaman' tersebut.

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.