Tentang Spongebob (Film Kartun)

Diposting oleh Nanang Suryana | Senin, Maret 22, 2010 | | 3 komentar »

Sejarah
SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat .

Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh LaTiVi, kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota "Bikini Bottom" (artinya bawahan bikini) dan sekitarnya.

Watak
Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang berprilaku sebagai kucing.

Spongebob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick, seekor bintang laut dan tetangga yang selalu memusuhinya: Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain Klarinet.

Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun.

Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah pengertian kala dipadu dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.

Karakter utama
Spongebob Squarepants

SpongeBob SquarePants, tokoh utama dalam kartun ini yang adalah seekor spons yang sebenarnya berbentuk spons mandi berwarna kuning ini adalah pribadi yang baik, mudah diajak berteman, dan optimistis. Spongebob tinggal di dalam rumah berbentuk nanas di laut, di Jalan Conch nomor 124, Bikini Bottom. Dia juga memelihara seekor siput yang bernama Gary. Pekerjaannya sehari- hari adalah koki di rumah makan Krusty Krab (dia sendiri pun mendapat penghargaan "Employee of the Month" (Pegawai Teladan Bulan Ini) 374 kali berturut - turut), yang terkenal dengan burgernya Krabby Patty. Dia juga bersekolah di Mrs. Puff Boating School, sekolah mengemudi Mrs. Puff.

Patrick Star
Pengisi suara : Bill Fagerbakke

Patrick Star adalah seekor bintang laut sahabat Spongebob. Walaupun sering kali tidak berkonsentrasi dalam percakapannya dan terjadi salah pengertian, Patrick adalah sahabat yang baik. Patrick tinggal bersebelahan dengan rumah nanas Spongebob dan rumahnya terletak di bawah batu.


Squidward Tentacles
Pengisi Suara: Rodger Bumpass

Squidward Tentacles adalah seekor gurita yang tinggal di dalam rumah moai, yang berada diantara rumah SpongeBob dan Patrick. Ia tidak senang dengan kedua tetangganya karena dianggap sering mengganggunya. Pekerjaan sehari-hari Squidward adalah menjadi kasir di rumah makan Krusty Krab. Tergolong pemalas. Suka bermain klarinet walaupun musik yang dilagukannya jelek. Ia sendiri menganggap dirinya seorang seniman hebat dan orang yang pintar. Memiliki seorang saingan bernama Squilliam Fancyson.

Mr. Krabs
Pengisi suara: Clancy Brown

Eugene H. Krabs adalah seekor kepiting pemilik restoran Krusty Krab yang terobsesi dengan uang. Gambaran umumnya adalah kepiting yang tamak dan pelit dan Spongebob seringkali menjadi korban ketamakannya.

Sandy Cheeks
Pengisi suara: Carolyn Lawrence

Sandy Cheeks (Sandy si Tupai) - adalah seekor tupai atau bajing yang tinggal di dalam laut. Karena Sandy merupakan binatang darat, kesehariannya di Bikini Bottom mengharuskannya memakai bajuastronot yang berisi udara pada helmnya sehingga ia bisa bernafas didalam laut. Sandy menyukai karate, dan senang aksi-aksi berbahaya. Sandy sendiri berasal dari Texas, namun kini bertempat tinggal di Bikini Bottom dan menjadi sahabat Spongebob. Tempat tinggalnya adalah sebuah kubah akuarium kedap air dan berisi udara. Ciri khas rumahnya adalah mempunyai pohon besar sebagai tempat tinggalnya. Spongebob dan Patrick bila berkunjung harus terus menerus memakai mangkuk penuh berisi air yang dipakai terbalik menutupi kepala mereka. Sandy sendiri bekerja sebagai ilmuwan di Treedome Corporation dengan bosnya yang monyet. Di suatu episode dia hampir meninggalkan Bikini Bottom karena percobaan yang dia buat dianggapnya selalu salah

Sheldon Plankton
Pengisi suara: Doug Lawrence

Sheldon J. Plankton - pemilik rumah makan Chum Bucket yang sepi pengunjung. Plankton percaya bahwa bila ia berhasil mencuri resep Kraby Patty maka rumah makannya akan laku keras. Jadi segala daya upaya ia kerahkan untuk mencuri resep dari rumah makan saingannya ini, namun upayanya ini tidak pernah berhasil dan mengakibatkan kesialan untuk dirinya akhirnya di episode 'New Leaf' dia mengganti restorannya dengan toko souvenir. Memiliki istri berwujud sebuah komputer bernama Karen.

Gary si Siput
Pengisi suara: Tom Kenny

Gary - adalah seekor siput peliharaan Spongebob. Berbunyi seperti kucing dan memiliki sifat yang pendiam dan baik. Ia tidak suka mandi dan hanya saat akan dimandikanlah Gary membuat onar.

Tokoh-tokoh yang kadang muncul
Mrs. Poppy Puff (Mary Jo Catlett) - Seekor ikan gembung yang mempunyai dan mengajar Sekolah Mengemudi "Mrs. Puff Boating School", dan sudah lelah mengajari Spongebob karena Spongebob terlalu ceroboh, Suaminya yaitu Mr.Puff, ditangkap nelayan dan dijadikan lampu, seperti pada episode "Krusty Love".

Pearl Krabs (Lori Alan) - adalah ikan paus remaja dan merupakan anak Mr. Krabs. Ia terobsesi menjadi pemandu sorak dan gemar bersenang-senang. Hobinya ini bertolak belakang dengan keinginan Mister Krab untuk menghemat uangnya.

Larry Lobster (Doug Lawrence) - adalah crustacea yang sangat kuat. Dia menjadi penjaga pantai Goo Lagoon.

Mermaid Man (Ernest Borgnine) - adalah seekor ikan duyung tua mantan pahlawan bertopeng di Bikini Bottom. Sekarang dia tinggal bersama Barnacleboy, rekannya, di rumah panti jompo Shady Shoals.

Barnacleboy (Tim Conway) - rekan Mermaidman. Selalu dianggap anak kecil oleh Mermaidman.

Flying Dutchman (Brian Doyle-Murray) - Bajak laut hantu ini suka menakuti siapa saja tetapi pada episode "Ghost Host" dia menuruti perintah Spongebob yaitu menakuti orang selain Spongebob.

Karen Plankton (Jill Talley) - istri (bahasa Inggris: WIFE yang adalah singkatan dari Wired Integrated Female Electroencephalograph) komputer Plankton yang bisa menirukan perasaan manusia. Dia membantu Plankton mencuri resep rahasia Krabby Patty.

Patchy the Pirate (Tom Kenny) - Bajak Laut yang terobsesi dengan Spongebob, dan muncul di beberapa episode seperti UGH dimana semuanya menjadi zaman batu, Patchy juga memilike seekor Beobernama Potty.

Potty the Parrot (Stephen Hillenburg dan Paul Tibbitt) - Burung Beo milik Patchy yang sering mengganggu Patchy.

Harold SquarePants (Tom Kenny) dan Claire SquarePants (Sirena Irwin) - orangtua Spongebob yang lebih menyerupai spons laut ketimbang Spongebob yang menyerupai spons dapur.

King Neptune (Jeffrey Tambor) - Raja lautan, yang tinggal di Atlantis, bersama putrinya Mindy, yang hanya muncul di SpongeBob SquarePants Movie.

Mama Krab - Ia adalah kepiting yang juga Ibunya Tuan Krabs yang juga disukai Plankton dalam satu episode.


Tokoh-tokoh yang jarang muncul
Bubble Bass (Dee Bradley Baker) - musuh abadi SpongeBob.

Flatz (Thomas F. Wilson) , Ikan gepeng yang merupakan teman lamanya Patrick dan teman satu sekolahnya Spongebob. Flatz sering mengancam SpongeBob di sekolah Mrs. Puff.

Grandma SquarePants (Marion Ross) dan Grandpa SquarePants (Tom Kenny) , kakek-nenek Spongebob.

Sherm Squarepants, Paman Spongebob yang ingin agar Spongebob cepat kaya dan dia adalah ayahnya Stanley S. Squarepants.

Uncle Kevin Law, Paman Spongebob yang dulunya adalah seorang penegak hukum.

Stanley S. Squarepants, sepupu Spongebob yang berkepala kotak dan mempunyai rambut dengan badan tinggi dan kurus, seperti manusia, dan mempunyai kebiasaan merusak barang apapun yang disentuhnya, bahkan menghancurkan Chum Bucket dalam suatu episode.

Blackjack Squarepants - Sepupu Spongebob yang ingin menghajar Spongebob

Man Ray (John Rhys-Davies, Bob Joles) dan The Dirty Bubble (Charles Nelson Reilly, Tom Kenny) , merupakan penjahat yang menjadi musuh Mermaidman dan Barnacleboy

The Moth yaitu musuh Mermaidman yang berbentuk seperti lalat berotot.

Tattletale Strangler - Seorang kriminal di Bikini Bottom, yang senang mencekik.

The Chief, orang yang memberi tugas pada Mermaidman pada episode Mermaidman and Barnacleboy V

Master Udon, orang yang jago karate dan tinggal di Karate Island (Pulau Karate)

Mystery the Sea Horse - Kuda laut yang dimiliki Spongebob, namun karena tidak bisa memeliharanya Spongebob melepaskannya, mempunyai kebiasaan memakan apa saja, termasuk Old Man Jenkins.

Old Man Jenkins - Orang tua yang dulunya tinggal di Krusty Krab sebelum menjadi restoran, dan sekarang tinggal di Rumah Jompo Shady Shoals

Painty the Pirate (Patrick Pinney) - Lukisan kepala bajak laut yang bernyanyi lagu tema SpongeBob pada setiap awal acara.

Hupla Fish, Ikan kecil yang muncul pada episode Krusty Krab Training Video dan selalu berkata "HUPLA!", karena dianggap mengganggu narrator akhirnya dia dilempar batu bata dan pingsan.

Leif Erickson - Seorang pelaut yang terkenal, tetapi wajahnya tidak pernah tampak.

Jim - Koki terkenal yang dulunya bekerja di Krusty Krab.

Nyonya Gristlepuss - Seorang wanita tua yang memimpin organisasi yang tidak menyukai kesenangan dan kegembiraan.

Tuan What Zit Tooya - Seorang pelanggan yang nama aslinya tidak pernah diketahui, ini hanya nama samarannya.

SpongeBuck - Leluhur Spongebob pada zaman Koboi

Dead Eye - Leluhur Plankton pada zaman Koboi

Torpedo Belly (Perut Torpedo) - merupakan teman satu angkatannya Tuan Krab.

Ned and the Needle Fish - merupakan sebuah band terkenal di Bikini Bottom

The Birdband - band favoritnya Potty

Spongetron robot - yang menyerupai Spongebob pada episode SB-129

Kevin the Sea Cucumber - mengaku sebagai pemimpin organisasi penangkap ubur-ubur terkenal, padahal tidak.

Snaily Siput Squidward - yang dianggap Squidward paling hebat dan Squidward mengejek Gary keong kampungan di episode The Great Snail Race

Rocky Batu - yang Patrick anggap siput yang akhirnya memenangkan lomba siput di episode The Great Snail Race

Squilliam Fancyson (Dee Bradley Baker) - Musuh sekaligus teman SMA Squidward yang mempunyai grup musik.

Scooter (Carlos Alazraqui) - Ikan berwarna ungu yang menyukai selancar di pantai. Dia mati di episode Bubble Buddy, tetapi kembali muncul di episode selanjutnya.

SpongeCar - Nenek moyang SpongeBob di zaman purba

Patar - Nenek moyang Patrick di zaman purba

Sqward - Nenek moyang Squidward di zaman purba

Squidly - Nenek moyang Squidward di Bikini Bottomshire

Ksatria Kegelapan - Nenek moyang Sandy di Bikini Bottonshire

Tempat dalam seri Spongebob

  • Bikini Bottomshire - Nama Bikini Bottom pada zaman dahulu, daerah ini dikuasai oleh King Krab, yang merupakan rival dari penyihir Plankton
  • Goo Lagoon - Sebuah pantai di Bikini Bottom kerap dikunjungi Spongebob dan rekan-rekan.
  • Rock Bottom - Sebuah tempat di luar Bikini Bottom yang didiami ikan-ikan pelik yang Spongebob dan Patrick pernah tersasar disana..
  • Sea Needle - Bangunan tinggi yang juga parodi dari bangunan Space Needle di Seattle
  • Shell City - Merupakan toko cenderamata yang terletak di darat. (hanya muncul dalam film Spongebob the Movie)
  • Jellyfish fields (Padang Ubur-ubur) - Tempat memancing Ubur-ubur. Spongebob seringkali datang ke tempat ini.
  • Krusty Krab - Restoran cepat saji di mana Spongebob dan Squidward berkerja. Krusty Krab menjual penganan paling diminati selautan yakni Krabby Patty yang seperti burger.
  • Shady Shoals - rumah jompo di mana yang di tinggali Mermaidman dan Barnacleboy
  • Fancy Restaurant - Restoran bintang lima , dimana Spongebob pernah bekerja disini.
  • Glove World - tempat bermain Spongebob dan Patrick sebelum ke Rock Bottom
  • Chum Bucket - Rumah makan dimana Plankton menyusun rencana jahatnya dan tinggal bersama Karen. Selalu kosong tanpa pengunjung.
  • New Kelp - Kota dimana Spongebob menjadi walikota dan namanya menjadi Chipshack Brown Pants
  • Residents' Row - Tempat tinggal Patrick, Squidward & Spongebob
  • Loker Davy Jones - Tempat dimana orang yang memiliki sifat yang tidak baik, tempat yang penuh dengan kaus kaki.
  • Fast Food Coliseum - Tempat para koki untuk mengikuti kejuaraan masak tahunan.
  • Barg 'n Mart - Tempat para warga Bikini Bottom berbelanja.
  • Diner - Sebuah restoran yang muncul di beberapa episode yaitu Chocolate With Nuts, Mermaidman & Barnacelboy II,& Missing Identity
  • Oyster Stadium - Tempat tiram & tempat Pertandingan siput
Produk dalam serial Spongebob
  • Krabby Patty - Makanan yang disukai oleh warga Bikini Bottom, Plankton selalu berusaha mencurinya.
  • Kelpo - Sereal yang selalu menjadi menu sarapannya Spongebob.
  • Mobil transparan - mobil yang selalu dipakai oleh Mermaidman dan Barnacleboy,yang transparan.
  • Bikini Bottom Phonebook - buku telpon yang pernah diisi oleh iklannya Plankton
  • Fancy Living Digest - majalah yang memandu cara menjadi kaya dalam waktu yang singkat
  • Kelp Shake - Minuman enak yang pernah dijual di Bikini Bottom, belakangan diketahui bahwa produk ini mengandung zat radioaktif.
  • Nachos - Kentang yang menjadi makanan preman siput pada episode Have You Seen This Snail ?
  • Ol'Reliable - Jaring ubur-ubur yang pernah dipakai Spongebob
  • Spat si Spatula - Spatula yang selalu digunakan Spongebob untuk memasak Krabby Patty.
  • Tartar Sauce - Saus tartar adalah produk saus yang berefek seperti asam yang berbahaya
  • Volcano Sauce - Saus extra pedas
Binatang yang ada di Bikini Bottom
  • Alaskan Bull Worm Monster - cacing raksasa dari Alaska yang senang memakan apa saja
  • Sea Bear Monster - berwajah beruang dan perawakannya seperti ikan besar, monster besar yang pernah muncul di majalah-majalah fiksi Bikini Bottom
  • Sea Rhino - Monster berwajah badak dan perawakannya seperti badak yang memiliki sirip
  • Nematoda - Cacing kecil yang hidup berkelompok dan seperti parasit
  • Ubur-ubur - Binatang yang pada umumnya berwarna pink, dan sering ditangkap oleh Spongebob, populasinya sekitar 1 juta ubur-ubur dan tinggal di Jellyfish Fields.

Artikel Terkait:

3 komentar

  1. ata // 26 Maret 2010 05.22  

    paling suka sama spongebob! hahahah warnanya itu loh dan bentuknya. sama patrick juga sukaa :D

  2. faza // 19 Januari 2011 10.13  

    nice................................... ^_^v


    http://pokemon-f.blogspot.com/

  3. Anonim // 28 Maret 2012 02.03  

    loves spongebob....:)

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.