Pesaing Wikipedia Proklamirkan Diri

Diposting oleh Nanang Suryana | Selasa, Maret 27, 2007 | , | 1 komentar »

Layanan ensiklopedia online mirip Wikipedia meluncur dalam versi beta. Pemuatan artikelnya diawasi dengan lebih ketat. Seperti apa?

Memakai nama Citizendium atau "citizens' compendium", layanan ini mempunyai konsep yang sama seperti Wikipedia. Siapa saja bisa mengirimkan artikel, tapi harus mendaftarkan diri terlebih dulu dengan nama asli.

Jika sudah terdaftar di layanan ini, anggotanya akan disebut sebagai 'warga negara' (citizen). Artikel yang masuk pun akan diperiksa oleh dewan editorial.

Citizendium bertujuan untuk memperbaiki model wiki pada layanan ensiklopedia. Layanan ini digagas Larry Sanger, pendiri Wikipedia. Tak heran jika tampilannya mirip Wikipedia dengan tata letak, format dan font yang serupa.

Sampai sekarang sudah ada 1.100 artikel di layanan ini. Sanger mulai melakukan tes privat pada layanan Citizendium pada bulan November 2006. Dia mengklaim kini sudah punya sekitar 820 penulis dan 186 editor.

Para penulis bisa menulis dan mengedit artikel-artikel, para editor yang memutuskan versi mana yang diterima dan ditayangkan. Editor disyaratkan mempunyai bekal akademis yang memadai di bidangnya.

Siapa saja yang mendaftarkan diri dengan nama asli bisa bebas berkontribusi. Namun kontribusinya akan dimonitor oleh para pengawas (constable). Seorang "CZ Constable" adalah sukarelawan yang diharuskan memiliki gelar sarjana dan minimal berusia 25 tahun. Para pengawas ini punya otoritas untuk mengeluarkan kontributor yang dinilai tidak becus.

Artikel-artikel yang sudah diperiksa oleh editor dan pengawas akan dilengkapi tanda "CZ Live".

Mekanisme tersebut dilakukan untuk mengontrol artikel yang ditayangkan, dan menghindari masalah-masalah yang dialami Wikipedia. Karena membebaskan siapa saja untuk membuat, memajang dan mengedit artikel, Wikipedia mengalami sejumlah masalah terkait pencemaran nama baik dan vandalisme karena artikel-artikel yang salah.

Artikel Terkait:

1 komentar

  1. fresh // 25 Februari 2011 19.34  

    good article.........

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.