Berbagai Jenis Sate yang ada di Indonesia

Diposting oleh Nanang Suryana | Jumat, Agustus 03, 2012 | | 3 komentar »

Berikut jenis-jenis sate yang ada di Indonesia, kuliner ini mungkin sudah tidak asing lagi, bahkan mungkin sate merupakan makanan favorit Anda. Perlu diketahui bahwa sate banyak sekali jenisnya di Indonesia.

Berikut jenis-jenis sate yang paling populer di Indonesia:

1. Sate Madura


Dari sekian banyak jenis sate mungkin sate madura lah yang bisa dibilang paling terkenal, ya sebab dimana-mana ada orang yang jual sate madura. Sate ini disajikan dengan lontong dengan disiram dengan bumbu kacang. Kebanyakan daging yang digunakan adalah daging ayam, sapi atau kambing.


2. Sate Padang

Tidak berbeda terkenal-nya dengan sate madura, sate padang juga salah satu kuliner khas yang dimiliki oleh kota padang, jadi bukan hanya rendang dan dendeng aja loh yang terkenal dari kota padang. Tak ada beda nya dengan sate lain, sate padang juga menggunakan daging sapi, kambing atau ayam. Hanya saja kuah dari sate ini pake kuah rendang yang khas dengan warna kemerahan nya. Sate ini pun disajikan dengan lontong.

3. Sate Lilit

Sate lilit adalah sate yang khas dari wilayah pulau dewata, Bali. Sate lilit kebanyakan dibuat dengan menggunakan daging ayam yang dililitkan di tusukan sate yang gede terbuat dari bambu. Beda banget yah dengan sate lain nya yang menggunakan lidi.

4. Sate Kelinci
 
Nah kali ini yang agak nyeleneh, seperti dengan namanya sate kelinci menggunakan bahan baku dari daging kelinci. Penampilan fisik-nya tidak berbeda dengan jenis sate lain pada umum-nya tetapi yang membedakan hanya daging yang digunakan, bagi pecinta hewan kelinci sebaiknya berfikir 100x terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan ini.

5. Sate Kuda

Nah kalo yang ini sate kuda, tekstur daging nya tak ada bedanya dengan daging sapi atau kambing. hanya kekerasan nya saja yang membedakan nya, yaitu sate kuda lebih keras daging-nya untuk di kunyah. Sate kuda kebanyakan menggunakan daging kuda yang sudah tidak produktif lagi, yaitu kuda yang sudah tidak bisa lari kencang atau menarik beban lagi, ya bisa dibilang tua gitu. Mungkin saja yang masih produktif otot-otot masih kencang sehingga semakin keras daging-nya untuk dimakan.

6. Sate Rusuk

Sesuai dengan namanya, sate rusuk asal nya dari daging bagian rusuk dari kambing atau sapi. Sate ini tidak pake tusukan lho, liat aja masih ada rusuk nya. Jadi sate ini dibilang tidak pernah dilepaskan dari tulang nya.

7. Sate Telur Puyuh

Sate telur puyuh juga banyak dijual, sate ini biasanya untuk teman makan soto atau bubur ayam. Sate ini dari telur puyuh yang dibacem lalu ditusuk dengan tusukan sate.

8. Sate Usus
 
Mungkin dari sekian banyak jenis sate, sate jenis ini lah yang paling tidak direkomendasikan untuk dimakan oleh pakar kesehatan. Bayangin aja, sate ini dibuat dari usus ayam. Padahal menurut penelitian usus ayam terdapat berbagai macam mikroba yang berbahaya untuk kesehatan,selain itu kolestrol nya sangat tinggi. Tidak ada efek sehat, hanya untuk membuat perut kenyang saja. Sate ini sama kayak sate telur puyuh, banyak dimakan orang sebagai teman untuk menikmati soto dan bubur ayam.

9. Sate Ikan/Udang

Tampilannya sama kayak sate lainnya, hanya saja daging yang digunakan adalah daging ikan. Kebanyakan menggunakan ikan tongkol, tuna atau cakalang, dan udang. Selain itu sate ikan ada pilihan yang tepat untuk penderita kolesterol yang gemar menyantap sate.

10. Sate Kerang dan Sate Keong

Sate kerang dan sate keong bentuk nya hampir sama, rasa nya pun 11-12 hanya saja sate keong daging nya lebih lembut ketimbang sate kerang. Sate ini banyak dijual di restoran seafood.

11. Sate Belut

Sate ini juga enak loh, dari daging belut. Oh iya bagi yang belum pernah nyobain, daging belut itu rasanya seperti daging ayam lho.

12. Sate Cumi

Sate Cumi sesuai dengan nama nya terbuat dari daging cumi-cumi. Sate cumi ditusuk utuh seluruh badan tidak dipotong mulai dari tentakel nya hingga kepalanya. sate ini banyak dijual di restoran seafood.

13. Sate Tahu
 
Bukan hanya daging dan ikan saja yang bisa disate, tahu-pun bisa dijadikan sate. Adapun sate tahu sendiri banyak sekali macamnya seperti sate tahu bacem sampai sate tahu cripsy.

14. Sate Tempe Bacem

Selain tahu, tempe juga bisa dijadikan sate.

15. Sate Ati/Ampela

Sesuai namanya bahan yang dijadikan sate adalah hati/ampela.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

3 komentar

  1. Pengobatan Infeksi Rahim // 1 Mei 2013 14.26  

    Indonesia memang kaya akan budaya dan tradisi , terutama di bidang kulinernya .

  2. Obat Amandel // 1 Mei 2013 14.28  

    pengen nyoba sate lilit dong :( heu

  3. Dus // 11 Mei 2015 11.34  

    Aku ada info bagus nih buat pengusaha sate, kini ada Box makanan yang aman untuk makanan dibandingkan styrofoam, dan cocok juga digunakan untuk sate. Selengkapnya di sini http://www.greenpack.co.id/dus-makanan-murah/

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.