Tips Membentuk Mental Pengusaha

Diposting oleh Nanang Suryana | Jumat, April 29, 2011 | , | 2 komentar »

Tips berikut ini diambil dari berbagai sumber yang telah berbagi kisah-kisah kesuksesannya dalam berwiraswasta dengan diawali membentuk mental jadi seorang pengusaha.

Banyak orang yang mencoba untuk berwiraswasta, tak semuanya berhasil. Sikap mental adalah modal utama bagi calon pengusaha. Sikap mental ini harus dimiliki pengusaha dan calon pengusaha yang ingin berhasil.

Pertama, seorang wirausahawan harus punya pola pikir seperti pengusaha. Mereka harus punya paradigma yang positif dan optimis.

Untuk memulai usaha, modal bukan hal yang dinilai penting. Tabu untuk berkata "saya mau mulai berusaha tapi tak ada modal".

Kuncinya adalah kemauan. Begitu kemauan ada, harus ada keberanian. Keberanian tersebut akan menjadi modal yang paling utama dengan dukungan ide, rencana mencapai kesuksesan, kemampuan berjejaring dan kepercayaan dari kolega bisnis.

Dengan rangkuman bisnis yang solid tersebut, bukan pengusaha yang akan mencari modal melainkan modal yang akan menghampiri. Memang awal menjalin usaha sangat sulit. Sangat sulit sekali mendapatkan kepercayaan dari para investor.

Seorang pengusaha juga harus mengubah paradigmanya, bukan lagi sebagai karyawan yang menggantungkan hidupnya dari gaji bulanan. Kondisi terjamin itu membuat karyawan tak suka mengambil risiko. Padahal, seorang pengusaha harus berani mengambil risiko.

Pengusaha jatuh bangun karena bisnis memang penuh risiko. Kesuksesan tak pernah instan. Kesuksesan hanya dapat dicapai dengan kerja keras dan pantang menyerah.

Note:
Untuk rekan-rekan yang masih mahasiswa, saatnya Anda mencoba berwiraswasta sebelum diwisuda. Negara Cina mengharuskan mahasiswanya minimal bekerja paruh waktu atau berwiraswasta, karena jika kelak lulus sudah siap secara mental dan pengalaman untuk terjun di dunia bisnis atau kerja.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi Saya pribadi dan Anda semuanya.

Artikel Terkait:

2 komentar

  1. Anonim // 7 Mei 2011 19.28  

    Sudah bisa praktek belum nang....?
    Kapan nih jadi pengusaha...?

  2. Anonim // 4 Oktober 2011 17.03  

    kok gak disebutkan sumbernya? ini kan omongannya Sandiaga Uno..

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.