23 Provinsi dan Kabupaten dengan Kinerja Terbaik

Diposting oleh Nanang Suryana | Senin, April 25, 2011 | , | 0 komentar »

Sebanyak 23 pemerintah daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, menyabet perhargaan sebagai pemda dengan kinerja terbaik.

Ke-23 Pemda dengan kinerja terbaik itu dihasilkan dari evaluasi yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sepanjang tahun 2010. Evaluasi didasarkan atas laporan kinerja Pemda seluruh Indonesia tahun 2009.

Pengumuman hasil evaluasi dilakukan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Djohermansyah Djohan dalam acara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XV Tahun 2011 di Balaikota Bogor, Jawa Barat, Senin (25/4/2011).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden Boediono, Mendagri Gamawan Fauzi, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, gubernur dan bupati yang daerahnya terpilih sebagai berkinerja bagus.

"Evaluasi ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No 6/2008 Tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah," kata Djohermansyah.

Dalam jumpa pers setelah pengumuman berlangsung, Djohermansyah menambahkan, evaluasi dilakukan dengan memakai 173 indikator. Indikator-indikator itu antara lain, penyusunan APBD tepat waktu, laporan keuangan daerah wajar tanpa pengecualian, pelayanan publik, peningkatan daya saing, serta dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Menurutnya, dari 33 provinsi, 398 Kabupaten dan 93 kota, hampir seluruhnya terkategori tinggi. Ia menyebut 4 provinsi yang mendapatkan nilai sedang dan berada di urutan terendah, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua, dan Aceh.

Berikut daerah-daerah yang memperoleh predikat terbaik dalam hal kinerjanya:

Provinsi

1. Sulawesi Utara
2. Sulawesi Selatan
3. Jawa Tengah

Kabupaten

1. Jombang
2. Bojonegoro
3. Sragen
4. Pacitan
5. Boalemo
6. Enrekang
7. Buleleng
8. Luwu Utara
9. Karanganyar
10. Kulonprogo

Kota

1. Surakarta
2. Semarang
3. Banjar
4. Yogyakarta
5. Cimahi
6. Sawahlunto
7. Probolinggo
8. Mojokerto
9. Sukabumi
10. Bogor

Hmm.. Lampung kapan ya?

Sumber: DetikNews

Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.