Kopi Untuk Segarkan Nafas

Diposting oleh Nanang Suryana | Selasa, Februari 08, 2011 | , | 0 komentar »

Kopi tak hanya bisa memiliki manfaat untuk menahan kantuk. Sebuah penelitian juga membuktikkan, bahwa kopi dapat menyegarkan bau mulut.

Para peneliti dari Tel Aviv University membuat kejutan dengan penemuan adanya hubungan antara kopi dan bau nafas.

Mel Rosenberg, ahli nafas menemukan adanya komponen khusus pada kopi yang dapat mencegah timbulnya nafas bau - melindungi bakteri penyebab bau untuk tidak menebar bau.

"Tetapi bau tidak enak tidak hanya karena kopi saja," tambahnya. "Kami kira kopi yang telah mengering memberi bekas di mulut, bisa berfermentasi menjadi bau tak enak jika dicampur dengan bahan lain seperti susu."

Hingga kini kopi masih menjadi penyebab nafas bau, seperti halnya tidak makan sarapan sehat, tidak minum cukup air atau minum banyak alkohol. Tetapi hingga studi yang dilakukan oleh Rosenberg tak seorangpun membuktikan secara ilmiah kaitan antara minum kopi dan nafas bau.

Dalam penelitiannya, Rosenberg beserta tim mengambil air liur dan melakukan inkubasi dengan sejumlah kopi bermerk termasuk kopi Israel, Elite, kopi Turki, Landwer dan Taster's Choice. "Kami pikir air liur dan kopi akan membentuk bau yang sangat tidak enak, tetapi justru sebaliknya," tutur Rosenberg.

Rosenberg yang menciptakan obat kumur populer Dentyl pH, kini sedang berusaha menciptakan obat kumur, pasta gigi dan permen karet dengan bahan dasar kopi. Efeknya akan sama dengan ekstrak tumbuhan seperti minyak cengkih yang sudah terbukti memiliki anti bakteri ampuh pengusir nafas bau.

Dari ratusan komponen pada kopi yang ingin diketemukan oleh Rosenberg adalah komponen bakteri tersebut. "Riset ini memberikan pelajaran bahwa asumsi tidak selamanya benar. Bahkan dengan kekeliruan justru diketemukan hasil yang menarik," tambah Rosenberg.

Semoga dapat menjadi referensi.

Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.