Kopi Cocok Buat Wanita Untuk Atasi Stres

Diposting oleh Nanang Suryana | Kamis, Februari 10, 2011 | , | 1 komentar »

Kopi biasanya dijadikan pelarian saat merasakan stres baik oleh wanita maupun pria. Akan tetapi kopi memiliki pengaruh yang lebih baik pada wanita dibandingkan pria.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein mungkin memiliki efek yang lebih positif terhadap wanita. Studi yang terdapat dalam Journal of Applied Social Psychology menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi berkafein akan memiliki kinerja yang lebih baik ketika berada di bawah tekanan atau stres dibanding pria.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Lindsay St Claire dari University of Bristol, bertujuan untuk menguji apakah konsumsi kafein dapat memperburuk stres dan mengganggu kinerja kerja seseorang. Penelitian ini melibatkan 64 pria dan wanita, usia rata-rata 22 tahun. Peserta diminta untuk memecahkan berbagai teka-teki, tugas yang membutuhkan memori dan bernegosiasi setelah minum kopi berkafein dan tanpa kafein.

Setelah mengkonsumsi kafein, kinerja pria yang berada di bawah tekanan yang jauh lebih rendah dibandingkan wanita, dan wanita yang mengkonsumsi kafein dapat memecahkan teka-teki 100 detik lebih cepat daripada pria.

Para peneliti berteori ketika berada di bawah stres, pria cenderung bersikap lebih agresif, sedangkan wanita lebih mungkin untuk berkerjasama. Kondisi ini membuat kinerja yang lebih baik bagi wanita daripada pria ketika berada di bawah tekanan.

Kafein meningkatkan dopamine dan dapat membantu seseorang memenuhi kebutuhan mereka saat dalam situasi stres.

Kafein dapat memberikan dorongan pada seseorang untuk mengatasi stres jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

1 komentar

  1. atik pounya // 9 Desember 2011 14.58  

    like this pic..thanks

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.