Makanan Pembangkit Konsentrasi Kerja

Diposting oleh Nanang Suryana | Rabu, Desember 29, 2010 | | 0 komentar »

Menurunnya konsentrasi sering terjadi saat bekerja. Dengan konsentrasi yang tinggi, produktivitas kerja juga meningkat.

Ternyata makanan juga membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi. Seperti yang dilansir Dailymind, makanan-makanan berikut akan membantu Anda berkonsentrasi di tempat kerja.

1. Ginkgo Biloba
Ginkgo Biloba merupakan salah satu asupan makanan yang terkenal untuk meningkatkan konsentrasi. Ginkgo Biloba merupakan jenis pohon tertua di bumi ini. Seperti yang dikutip dailymind, beberapa studi ilmiah menunjukkan bahwa Ginkgo biloba bekerja untuk otak. Cara kerjanya adalah meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga otak lebih mudah untuk berkonsentrasi.

2. Gingseng
Gingseng juga baik untuk konsentrasi dan fungsi memori. Beberapa penelitian telah menunjukkan beberapa kandungan yang ada pada gingseng membantu meningkatkan sintetis protein di dalam otak. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa gingseng baik untuk energi, konsentrasi dan memori.

3. Kopi
Kopi merupakan minuman populer di seluruh dunia. Jutaan orang menikmati secangkir kopi setiap pagi, karena mereka percaya bahwa kopi dapat menghilangkan rasa kantuk di kantor. Kepercayaan ini memang benar, kopi memiliki kandungan antioksidan dan kafein, yang berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa sering minum kopi kurang efektif. Dokter menjelaskan lebih baik minum kopi saat Anda membutuhkannya, bukan setiap hari karena kebiasaan.

4. Brahmi (Bacopa Monnieri)
Brahmi (Bacopa Monnieri) adalah salah satu ramuan medis dari India yang digunakan untuk mengobati kegelisahan. Ramuan ini bermanfaat juga untuk meningkatkan konsentrasi dan sebagai nutrisi untuk otak.

5. Ikan
Asam lemak omega 3 yang terkandung di otak membantu meningkatkan fungsi otak Anda dalam jangka panjang. Efeknya biasanya baru terasa lama, namun ikan sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi.

Karena ikan yang mengandung omega 3 hidup di laut dalam, sehingga memiliki kelemahan yaitu sering tercampur merkuri yang tinggi akibat pencemaran laut, yang tidak baik kesehatan.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat bekerja.

Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.