Uang dapat menjadi cara efektif untuk meredakan rasa sakit

Diposting oleh Nanang Suryana | Sabtu, April 17, 2010 | | 0 komentar »

Mungkin kita tidak menyadari bahwa segepok uang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit sakit kepala atau nyeri pada punggung.

Hasil riset terbaru yang dilakukan di University of Minnesota mengungkapkan, memegang uang dapat menjadi cara efektif untuk meredakan rasa sakit, atau bahkan memberikan pencegahan terhadap rasa nyeri.

Para peneliti menemukan bahwa para partisipan yang menghitung uang sebelum ambil bagian dalam eksperimen, mengalami pengurangan tingkat rasa sakit dan merasakan lebih nyaman dibandingkan partisipan yang sebelumnya tidak menghitung uang.

Disinyalir, memegang uang dapat membantu melawan rasa sakit dengan cara meningkatkan perasaan berharga dan pemenuhan diri.

Studi sebelumnya telah memperlihatkan bahwa mereka yang memiliki perasaan berharga lebih tinggi cenderung lebih bisa menahan rasa sakit. Memegang uang dinilai lebih baik ketimbang menghabiskan uang untuk membeli obat penghilang rasa sakit.

Dalam studi terbaru, para partisipan diminta menghitung segepok uang tunai yang terdiri dari 80 lembar uang senilai 100 dolar dan 80 lembar kertas kosong. Mereka tidak mengetahui tujuan dari aktivitas ini karena peneliti hanya memberitahukan ingin melihat ketangkasan para partisipan dalam menghitung uang.

Setelah itu, mereka diminta mencelupkan tangan ke dalam semangkuk air panas, guna mengukur tingkat rasa sakit dan berapa lama mereka bisa bertahan.

Hasilnya, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science ini menyimpulkan bahwa partisipan yang sebelumnya diminta memegang dan menghitung uang mengalami rasa sakit yang lebih ringan.

Dari riset tersebut, sekarang kita coba saja dengan diri kita. Banyak orang yang susah tidur diakibatkan tidak punya uang, sedangkan orang yang punya cukup uang akan merasa tenang dan nyaman. Bagaimanakah menurut rekan-rekan?

Sumber: Daily Mail

Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.