Serangan terhadap file PDF

Diposting oleh Nanang Suryana | Rabu, Oktober 31, 2007 | , | 0 komentar »

Berhati-hatilah ketika akan membuka sebuah email yang berisi file dengan format PDF (Portable Document Format). Pasalnya, kini file dengan format tersebut telah digunakan untuk menyusupkan virus. Demikian laporan yang disampaikan oleh Pihak keamanan software F-Secure.

Serangan PDF itu dilakukan oleh pihak tak bertanggungjawab dengan metode penyebaran via e-mail. Sekilas, pesan yang diterima mirip dengan laporan penggunaan kartu kredit, dengan lampiran 'report.pdf'.

Namun, jika file dengan format PDF itu dibuka, program jahat akan melakukan download dari server di Malaysia atau Swedia. Meski server tersebut sedang dibersihkan, namun diduga tetap akan muncul serangan berikutnya yang lebih bertubi-tubi.

"Kami khawatir dengan hal ini, karena attachment dengan tipe PDF merupakan tipe yang biasanya tidak disaring dalam lalu lintas e-mail," ujar Mikko Hypponen, kepala penelitian F-Secure.

Program jahat itu memanfaatkan kelemahan pada piranti lunak pembaca file PDF, Adobe Acrobat Reader. Mikko mengatakan, sebenarnya update sistem keamanan untuk Acrobat Reader itu telah tersedia. Tapi, lanjutnya, banyak pengguna yang belum melakukan update.

Source: Dari berbagai sumber.

Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.