Jepang Siapkan Teknologi Penerus Internet

Diposting oleh Nanang Suryana | Jumat, Agustus 31, 2007 | , | 0 komentar »

TOKYO, Cepat atau lambat jaringan Internet akan mencapai kapasitas meksimumnya sehingga tidak mungkin melayani trafik komunikasi data yang semakain besar. Jepang tengah menyiapkan riset untuk mengembangkan teknologi penggantinya seperti upaya yang juga telah dilakukan para peneliti di AS dan Eropa.

Yoshihiro Onishi, salah satu pejabat direksi di kementrian komunikasi Jepang mengatakan, Jepang akan mengambil peluang ini agar tetep dapat bersaing di dunia. Ia mengatakan teknologi jaringan penerus Internet diharapkan dapat diterapkan mulai tahun 2020.

"Internet hampir mencapai limit, kami pikir penelitian terhadap teknologi seperti ini sangat dibutuhkan," ujarnya. Sejumlah ilmuwan mulai menyadari bahwa jaringan yang benar-benar baru sangat dibutuhkan di saat kapasitas Internet sudah tak dapat ditingkatkan.

Salah satu faktor yang membuat Internet bisa berkembang begitu pesat adalah arsitekturnya yang terbuka dan fleksibel. Namun, hal itu pula yang menyebabkan informasi sampah bebas bertebaran khususnya dari para pengirim spam dan hacker bebas berkeliaran di dunia maya.

Jaringan baru nantinya mungkin berjalan paralel dengan jaringan Internet yang ada saat ini atau bahkan menggantikan seluruhnya. Salah satu riset juga diarahkan untuk melakukan evaluasi terhadap arsitektur yang saat ini dipakai. Selain itu, para ilmuwan tengah menjajaki teknologi agar jaringan membutuhkan energi lebih kecil.

Upaya yang dilakukan pemerintah Jepang akan didanai dari anggaran belanja tahun depan yang ditetapkan 1 April. Jumlahnya sendiri belum diumumkan namun rencana riset akan ditetapkan mulai akhir tahun ini. Pemerintah Jepang akan membentuk organisasi khusus untuk menentukan program riset yang melibatkan swasta.

Onishi menytakan kolaborasi dengan negara lain akan dipertimbangkan. Upaya serupa telah dilakukan AS dengan dukungan dana sepenuhnya dari Kogress. Teknologi jaringan masa depan sebagai penerus Internet diperkirakan akan siap antara 10 hingga 15 tahun lagi.

Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar


Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email untuk mendapatkan update terbaru.